welcome to my blog
Welcome

Welcome to my blog, where I can express my thoughts freely in my mind.

Click on the the words to navigate.

about blog links tag

Cara Setting Remote Desktop di Windows 7

Untuk bisa mengakses komputer di tempat lain, Windows sudah menyediakan program Remote Desktop Connection. Berikut tutorial cara penggunaan dan setting Remote Desktop.
Untuk merubah setting Remote Desktop di Windows 7 masuk ke Control Panel\All Control Panel Items\System klik Remote Connection.
Lalu pada bagian Remote desktop pilih Allow Connection from computers running any version of Remote Desktop (less secure) supaya komputer bisa diremote oleh semua versi windows (XP, vista, server), jika memilih Allow connection only from computers running Remote desktop with Network Level Authentication (more secure) maka komputer ini hanya bisa diakses dari Windows Vista, 7 dan Windows Server 2008.
Pastikan memilih user account yang memiliki autorisasi untuk dapat melakukan remote desktop dengan mengklik tombol Select User, dan pastikan user account yang anda pilih memiliki password (password jangan sampai kosong)
Setelah komputer yang ingin di-remote selesai disetting, mari kita coba me-remote komputer tersebut dari komputer lain (Windows 7).
Di Windows 7 dan kebanyakan versi Windows lain shortcut Remote Desktop berada di Start menu > All Programs > Accessories > Remote Desktop Connection.

Anda akan disajikan kotak isian untuk mengetikkan nama komputer yang ingin anda remote. Masukkan nama komputer / ip addres yang ingin diremote, lalu klik Connect maka kita akan terhubung ke komputer tersebut dan windows akan meminta login user account yang sudah kita daftarkan sebelumnya.
Kita bisa memaksimalkan setting Remote Desktop Connection di Windows sesuai kebutuhan kita, berikut beberapa settingnya:


Di Tab General anda bisa mensetting supaya login dan password anda akan selalu disimpan bila pilihan Always ask for credentials dicentang. Anda bisa juga men-save dan me-restore setting Remote Desktop di tab ini.

Tab Display, memuat pilihan untuk menentukan resolusi layar dan kedalaman warna windows, sementara pilihan Display the connection bar when i use the full screen, sebaiknya dicentang saja.

Tab Local Resources, disini anda bisa menentukan setting Audio, Keyboard, dan hardware lain seperti Printer dan Clipboard.
Di Remote Audio akan diberi pilihan untuk memainkan audio di komputer remote atau di komputer client, terdapat juga pilihan perekaman suara.
Pilihan keyboard untuk menentukan kombinasi keyboard akan digukanan di komputer remote atau komputer client.
Di bagian Local Devices and Resources kita bisa menentukan apakah device seperti printer, harddisk, ataupun hardware pada komputer client akan dishare dengan remote desktop.

Tab Program berguna untuk menjalankan program secara otomatis setelah tersambung ke koneksi Remote Desktop.

Tab Experience, menentukan kecepatan jaringan yang kita gunakan, tampilan desktop, font, dan tampilan animasi di “remote desktop”. Terdapat juga pilihan untuk menyambung otomatis bila koneksi terputus (Reconnect if the connection is dropped).

Tab Advance berfungsi sebagai setting security / keamanan, bila anda yakin dengan keamanan jaringan anda silahkan pilih Connect and dont warn me. Pilihan Connect from anywhere, hanya berfungsi jika remote komputer terhubung dengan domain di Windows Server 2008 dan telah disetting untuk Remote Desktop Gateway.
Berikut tampilan Layar Laptop saat me-remote komputer secara bersamaan Sistem Operasi Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows 7

Beda.
masuk ke Control Panel pilih System atau bisa juga klik kanan icon My Computer trus pilih Properties
pada windows System Properties pilih Remote pd tab diatas ,kemudian pada bagian Remote Destop klik / centang "Allow users to connect remotely to this computer ", setelah itu klik pada bagian "Select Remote Users" pilih "add" akan muncul form untuk memilih users yang diijinkan untuk melakukan Remote Desktop . Untuk memilih klik tombol "Advanced" muncul windows baru untuk memilih user klik pada tombol " Find Now" untuk mencari Users yang aktif pada Komputer, Pilih salah satu user dengan meng-klik nama/ user tersebut kemudian klik tombol "OK" ( Sedikit catatan bahwa user yang kita pilih adalah user yang menggunakan password untuk login ke komputer ,jika user itu tidak mempunyai paswword maka tidak bisa digunakan untuk user remote desktop ) kembali ke windows Select User dan akan muncul perubahan pada kolom "Enter the object names to select (examples): yaitu munculnya Users yang kita pilih tadi klik tombol "OK" untuk mengakhiri, seletah itu akan kembali lagi ke windows Remote Desktop Users dan muncul user yang tadi kita pilih kemudian klik tombol "OK" untuk menutup. Sekarang komputer kita bisa kita akses melalui komputer lain yang terhubung dengan jaringan. Untuk me-Remote Destop masuk melalui menu Start - All Progams - Accesories - Communications - Remote Destop Connections , pada windows Remote Desktop Connection isikan IP addres komputer yang telah diset tadi kemudian klik tombol "Connect" muncul windows baru pada Log On to Windows  isikan User yang telah dipilih tadi dan juga Passwordnya kemudian klik "OK" . Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti anda Log In pada windows komputer anda tunggu sebentar maka anda akan masuk ke komputer yang telah kita Remote tadi.

trimaksih,smoga bermanfaat....

2 comments:

iin mengatakan...

Terimakasih Atas Tutorialnya semoga yang ini bisa berhasil, tp klo ada dengan file pdfnya donk...hee

Wenly Rampengan mengatakan...

gimana caranya supata komputer remote dekstopnya bisa diakses secara bersamaan, artinya 2 user jalan bersamaan dalam satu waktu

Poskan Komentar